Harga Porang

2 Juli 2019
4.6/5 (20)

Harga PorangPorang adalah tanaman budidaya dan liar yang bisa tumbuh di daerah tropis dan hanya bisa tumbuh di ketinggian tertentu. Anda bisa mendapatkan harga porang cukup murah yaitu Rp 2.500,- hingga Rp 4.500,- per kg. Pada awalnya, porang tidak banyak diketahui oleh masyarakat dan hanya digunakan sebagai industri yaitu campuran bahan untuk membuat lem.

Terbukti dengan harga porang yang ditawarkan dulu lumayan murah, namun saat ini manfaat porang mulai meluas mulai dari umbinya yang dimanfaatkan dalam industri pembuat lem atau perekat, untuk kesehatan, industri makanan, industri perfilman, hingga olahan minuman.

Zat Glucomanan yang terkandung dalam porang yang bisa membentuk larutan agak kental jika dicampurkan dalam air.

Anda bisa mendapatkan bibit porang yang bisa menghasilkan 4-20 biji porang dengan harga murah untuk memulai menanamnya yang berkisar 6-7 bulan sebelum masa panen.

Meski baru terkenal tahun 1980, namun saat ini porang sudah diburu oleh banyak orang. Anda bisa melihat dengan berdirinya berbagai pabrik porang, salah satunya yang cukup terkenal adalah pabrik porang di Jawa Timur.

Bagi Anda yang ingin membelinya, sudah banyak tempat penjualan porang yang bisa Anda temukan.

Rata-rata menjual porang basah atau gelondongan dengan harga porang cukup murah perkilonya. Bahkan saking dibutuhkannya, ada juga yang bersedia membeli porang dengan harga tertingginya di pasaran.

Porang memang memiliki banyak manfaat dan bahkan bisa mengobati penyakit diantaranya adalah mengurangi kolesterol dalam darah dan cocok untuk orang yang sedang diet karena dapat membuat cepat kenyang bagi yang mengkonsumsinya.

Yang paling penting, porang juga berkhasiat bagi penderita diabetes. Harga porang di pasaran yang murah menjadikan tanaman herbal ini banyak yang membudidayakannya.

Selain karena harga yang murah, saat ini bisa dibanderol dengan Rp 2.600,- per kg untuk porang basah dan memiliki banyak manfaat di berbagai bidang industri, juga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan berbisnis porang.

Tepung porang saat ini sebagai bahan utama dalam pembuatan tahu (konyaku), pembuatan mie jepang (shirataki), campuran bahan pembuat daging imitasi bagi vegetarian, bahkan digunakan sebagai campuran pada pembuatan penyedap rasa.

Karena manfaatnya tersebut Jepang adalah negara dengan budidaya porang paling maju. Hampir semua masyarakatnya memanfaatkan tanaman herbal tersebut, karena kandungan di dalamnya dan dapat tumbuh di jenis tanah apa saja.

Dapatkan keuntungan dan berbagai khasiat porang dengan membudidayakannya, harga porang cukup murah yang bisa Anda dapatkan saat ini.

Harga paling tinggi yaitu Rp 4.500,- per kg untuk porang basah bagi yang ingin langsung memanfaatkannya dan Anda bisa mendapatkan bibitnya untuk membudidayakannya yang bisa Anda dapatkan hasilnya setelah 6-7 bulan kemudian dengan perawatan maksimal.

Harga Porang terus mengalami peningkatan. Porang menjadi tanaman budidaya yang cukup menjanjikan bagi petani. Apalagi harga porang iris kering yang terus melonjak di pasaran.Porang memiliki nama lain Iles-iles, jenis tanaman penghasil umbi-umbian, anggota marga Amorphophallus.

Porang dapat ditemukan diberbagai wilayah seperti Kepulauan Andaman, India. Lalu Myanmar, Thailand, hingga di Indonesia. Tanaman Porang mampu hidup disemarang tempat seperti tepi sungai, semak belukar, rumpun bambu, pinggir hutan jati, dll. Rasa Porang jika digunakan dalam makanan terasa enak dan manfaat porang memang banyak. Hal ini mengapa harga Porang relatif lebih mahal.

Harga Porang

Harga Porang Mulai Dari IDR 3.500/Kg

Apabila melihat usaha porang yang terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir kemarin, Desa Klangon di Madiun menjadi buruan para investor Jepang dan China (dilansir dari Kompas). Hingga akhirnya banyak warga yang melakukan budidaya Porang. Pasalnya harga porang di Madiun saat panen mampu digunakan untuk membeli sapi. Jenis porang iris kering dari desa Klangon setiap tahunnya mencapai 750 ton dikirim ke Jepang dan China.

Harga Porang

Bahan pangan favorit masyarakat Jepang dan China salah satunya adalah Porang.  Selain makanan, manfaat porang atau Iles-iles tersebut dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti kesehatan, kecantikan, hingga lem. Harga porang relatif tinggi sebab satu buahnya saja bisa mencapai berat hingga 5 kg. Mengapa banyak masyarakat yang mengkonsumsi Porang, itu karena Porang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Namun di Jepang Porang digunakan bahan sebagai mie instan.

Harga Porang Basah

Porang basah merupakan tanaman yang baru saja dipanen oleh petani. Bentuknya bisasanya masih gelondongan. Harga porang basah masih sangat murah dibandingkan dengan Porang yang sudah mengalami proses pengeringan. Minimal pembelian tergantung pada petani. Porang basah digunakan sebagai bahan untuk pembuatan berbagai macam makanan, campuran kosmetik hingga mie instan. Selain itu banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan.

Harga Porang Basah

Porang Basah

Anda bisa menemukan harga porang saat ini dengan kisaran harga Rp 4.500 per kg. Harga tersebut bisa berubah-ubah karena faktor permintaan dan kelangkaan. Selain itu kualitas  dan jenis varietas daerah penanaman Porang juga turut mempengaruhi harga. Manfaat Porang basah dapat digunakan sebagai lem, campuran pembuatan kertas, pengganti media tumbuh tanaman, dan bahan obat.

Harga Porang Kering

Selain Porang basah, petani juga menyediakan penjualan jenis Porang yang sudah diproses pengeringan. Sehingga harga porang kering sangat berbeda dengan harga Porang basah. Hal tersebut terjadi karena proses pengeringan yang memakan waktu selama 5 hari. Meski terbilang cukup lama Porang kering lebih siap untuk digunakan. Pasalnya proses pengeringan Porang memerlukan sejumlah tahapan.

Harga Porang Kering

Porang Kering

Misalnya tahap pencucian, pengirisan, hingga tempat khusus untuk meletakkan Porang. Tempat pengeringan Porang juga tidak kecil. Hal inilah mengapa Harga Porang kering bisa amat sangat mahal. Dari berbagai sumber harga porang kering mencapai kisaran Rp 35.000 – 40.000 per kg. Memang jika membandingkan dengan harga Porang basah sangatlah jauh sekali. namun mengingat kembali harga tersebut termasuk biaya yang telah dikeluarkan selama pengeringan.

Harga Porang Madiun

Madiun merupakan sentra Porang yang berada di Jawa. Karena ada sekitar tujuh ratus penduduk yang telah melakukan budidaya tanaman Porang. Selain itu permintaan ekspor ke Jepang dan China juga mempengaruhi mengapa Madiun merupakan tempat budidaya tanaman Porang.

Harga Porang Madiun

Porang Madiun

Harga Porang Madiun mungkin tidak jauh berbeda dengan Porang di luar Jawa. Tahun lalu saja 2017 sekitar bulan Mei, harga porang Madiun iris kering mencapai sekitar Rp 35.000 per kg.

Harga Bibit Porang

Jika tertarik membudidayakan tanaman ini sebagai bisnis porang Anda maka harga porang yang masih bibit perlu untuk Anda ketahui.  Berdasarkan berbagai sumber, petani memberikan bibit Porang dengan harga Rp 1000 per tanaman. Namun pembelian harus dalam skala besar yaitu sekitar 500 biji. Pemesanan biasanya harus jauh-jauh hari, menginggat skala pembelian yang snagat besar.

Harga Bibit Porang

Bibit Porang

Harga Tepung Porang

Selain berbentuk kering dan basah, Porang juga dijual dalam kemasan yang sudah menjadi tepung. Harga porang yang sudah menjadi tepung agaknya lebih mahal karena prosesnya sudah sangat panjang. Mengapa orang memakai tepung Porang? Hal itu dikarenakan bahan Porang memiliki serat yang tinggi, rendah kalori, dan bebas lemak. Oleh karenanya banyak pengkonsumsian tepung porang untuk diet, dan mengurangi kadar gula dalam darah.

Harga Tepung Porang

Tepung Porang

Harga tepung Porang dijual per gram atau per kg. Harga porang saat ini yang sudah menjadi tepung kisaran Rp 60.000 per 350 gram. Sedangkan dalam kg, harga tepung mencapai pada kisaran Rp 110.000 – 115.000 per kg. Dimanakah Anda bisa mendapatkannya? Jika Anda susah mencari di daerah Anda, maka jelajahilah produk-produk Porang dalam online store yang menjual berbagai produk Porang.

Sekian informasi mengenai harga porang dari berbagai jenis penjualan oleh petani. Harga yang tertera diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Tanaman Porang bisa menjadi bisnis Porang bagi Anda yang berminat. Karenanya permintaan yang terus meningkat, manfaat Porang yang sangat banyak dan harganya juga turut meningkat. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda dan saya ucapkan terimakasih.

Daftar Harga Porang

Jenis PorangHarga Porang
Bibit Porang 500 Batang. IDR       500.000.
Umbi Suweg Umbu Porang 1 Kg. IDR          15.000.
Tepung Organik 1.200 gr. IDR       115.000.
Porang Basah 1kg. IDR            4.500.
Porang Kering 1kg. IDR          35.000.

Informasi Serupa:

Harga Hari Ini:

harga porang 2018, jual porang basah, harga porang 2019, porang umbi, harga porang umbi, Agen porang di medan, harga porang, harga jual porang segar, harga buah tire 2019, daftar harga umbi porang bekasi

Mohon Nilai Artikel Ini

Temukan berbagai macam informasi terkait Cara, Jenis, Manfaat hingga Tips pada Link; #Bisnis #Olahan #Umbi-Umbian

Selain daftar Harga Porang, kami juga memberikan update seputar berapa biaya jasa atau produk yang sedang ramai di jual / beli saat ini. Anda bisa cek pada kategori Harga Umbi atau Kembali ke Halaman Depan Informasi Harga.

Tulis komentar anda disini, temukan juga daftar nama perusahaan, Alamat PT, Pabrik, Pengepul/Penampung serta alamat bisnis jual beli dan jasa yang ada di indonesia di Kolom Diskusi Bisnis

Beli barang Terkait Harga Porang di Bhinneka, Carousell, Akulaku, Taobao, Blibli, Shopee, JD.id, Blanja, Zalora, Zilinggo, Elevenia, Sale stock, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, transmart, Matahari Mall dan Beli Tiket di Traveloka.

Disclaimer : Tabel harga diatas merupakan rangkuman kami dari berbagai sumber (offline & online). Semua informasi Harga jual, Beli & Harga Porang dapat berubah sewaktu-waktu. Hubungi lewat form kontak.